PP Muhammadiyah: Milad Menggelorakan Semangat Warga Muhammadiyah

PP Muhammadiyah: Milad Menggelorakan Semangat Warga Muhammadiyah

TERNATE-Milad Muhammadiyah kembali diselenggarakan oleh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) MALUT. Milad yang ke-106 itu dihadiri oleh Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Pemerintah Provinsi (PEMPROV) Maluku Utara, Pimpinan perguruan tinggi se-Maluku Utara, Pimpinan Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) se-Maluku Utara, Organisasi Otonom (ORTOM) Muhammadiyah se-Maluku Utara, dan Pimpinan Partai Politik (PARPOL) se-Maluku Utara, di Vellya Hotel jl. Jati Inpres Mangga Dua Utara. Pada momen tahunan itu Makbul A.H Din selaku ketua panitia melaporkan bahwa perolehan anggaran sebagian besar berasal dari Amal Usaha Muhammadiyah dan kantong-kantong kaders Muhammadiyah MALUT.


Sementara itu, tema yang di angkat pada milad tahun ini adalah “Ta’awwun Untuk Negeri.” Ketua Umum PWM MALUT, K.H. Ridwan Ilyas, berhubungan dengan tema ini mengatakan bahwa ta’awwun untuk negeri memberi makna bahwa warga Muhammadiyah harus bergotong-royong dalam kebaikan, “Ta’awwun untuk negeri adalah tema yang diangkat berdasarkan Q.S Al-Maidah ayat 02, bahwa sebagai ummat Islam hendaklah kita harus tolong-menolong apabila melihat saudara kita dizalimi agar supaya yang terzalimi terlepas dari kezaliman orang lain.” Katanya.

Ridwan melanjtukan bahwa saat ini, di Maluku Utara Muhammadiyah sudah memiliki sekitar 60-an lembaga pendidikan. Hal ini merupakan bukti nyata bahwa Muhammadiyah akan tetap eksis menemani bangsa ini agar masyarakat Indonesia, khusunya Maluku Utara dapat tercerahkan melalui bidang pendidikan. Hal tersebut mengundang apresiasi dari PP Muhammadiyah. Dalam sambutannya, Dr. H. Agung Danarto M.Ag. selaku Sekertaris Umum PP Muhammadiyah mengatakan, “…termasuk juga ada beberapa daerah yang sangat jauh dari pusat Muhammadiyah, Alhamdulillah tadi pak ketua PWM menyampaikan paling tidak ada sekitar 60 lembaga pendidikan yang dikelolah oleh PWM MALUT. Ini merupakan sesuatu yang luar biasa dan menggembirakan.” Demikian tutur Agung.

berkaitan dengan milad yang ke-106 tahun ini, Agung Danarto mewakili PP Muhammadiyah menyampaikan bahwa penyelenggaraan momentum tersebut dalam rangka menggelorakan semangat warga Muhammadiyah untuk memperjuangkan agama Islam lewat persyerikatan Muhammadiyah, “Milad Muhammadiyah setiap tahun senantiasa diselenggarakan salah satu tujuannya untuk menggelorakan semangat warga Muhammadiyah dalam rangka untuk tetap mau memperjuangkan agama Islam lewat persyerikatan Muhammadiyah.” Ungkap Agung.

Muhammadiyah memiliki ciri khas dalam memahami agama yang tidak sama dengan organisasi lain dalam metodenya. Hal tersebut berdasarkan apa yang disampaikan Danarto pada milad muhammadiyah kemarin, sabtu (24/11). “Muhammadiyah senantiasa mendasarkan pada Al-Quran dan As-Sunnah, tetapi tidak berhenti sampai disitu, Muhammadiyah juga mendasarkan pada akal pikiran yang sesuai dengan jiwa ajaran Islam.”

Agung melanjutkan bahwa milad Muhammadiyah juga menjadi sarana bagi warga Muhammadiyah untuk berkomunikasi dengan ummat. pria kelahiran 1968 yang juga sebagai dosen di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dalam menutup sambutannya menuturkan, bahwa Muhammadiyah juga harus terus bersinergi dengan pemerintah baik ditingkat Kabupaten/Kota, Provinsi bahkan hingga ke tingkat National. Caranya dengan mengundang ketua-ketua Parpol untuk saling bertukar pikiran terkait momentum politik saat ini. Tetapi bukan berarti Muhammadiyah terlibat dalam politik praktis, melainkan sebagai usaha untuk menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang berkemajuan. Semua itu dilakukan dalam rangka untuk mencapai kemaslahatan ummat dan bangsa Indonesia.

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Phone: 0921 - 3123979
Fax: 0921 - 3123979
Jln. K.H. Ahmad Dahlan No. 100, Kel. Sasa, Ternate, Maluku Utara
No. 100, Kel. Sasa
Style switcher RESET
Body styles
Color settings
Link color
Menu color
User color
Background pattern
Background image
Arabic AR Chinese (Simplified) ZH-CN English EN Indonesian ID Thai TH