Mahasiswa IAN UMMU Lakukan Kunjungan Kuliah ke Ombudsman

Mahasiswa IAN UMMU Lakukan Kunjungan Kuliah ke Ombudsman

TERNATE-Mahasiswa Ilmu Admistrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Maluku Utara lakukan kunjungan kuliah ke Kantor Ombudsman RI Perwakilan Maluku Utara, Senin (26/11). Ini merupakan kegiatan perdana untuk mata Kuliah manajemen Publik yang di ajarkan pada mahasiswa administrasi Negara semester V.

Sukur Soleman selaku dosen pengampuh mata kuliah tersebut mengatakan harus adanya metode yang dapat memadukan antara teori dan praktik dalam perkuliahan, sehingga mahasiswa merasakan suasana baru yang dapat memicu semangat belajar mereka, “Kegiatan semacam ini perlu dilakukan, sebab mahasiswa itu kesannya tidak hanya menerima materi secara terus menerus di kelas, tapi kita butuh suasana baru dengan mengajak mahasiswa kuliah pada institusi diluar kampus yang hubungannya dengan mata kuliah bersangkutan, kita butuhkan adanya komparasi antara teori yang didapatkan di kelas dengan realitas empirik yang terjadi hari ini.” Menurutnya. “Karena mata kuliah manajemen publik ini tidak lepas dari bicara soal maladministrasi, pelayanan publik yang berkualitas, akurat dan tidak diskriminatif, kemudian problem kinerja birokrasi pemerintah daerah kita hari ini dan solusinya.” Lanjut Sukur.

Ombudsman sebagai lembaga Negara yang diberikan wewenang oleh UU No 37 tahun 2008 yang fungsinya adalah mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik dengan baik, kiranya sangat tapat untuk melakukan kunjungan ke sana. Adapun tema yang di angkat adalah “Ombudsman RI dan Pencegahan Maladministrasi di Pemerintahan Daerah.” Sedangkan Tujuan yang hendak dicapai dari kunjungan kuliah ini yaitu bagaimana mahasiswa mampu memahami tentang Tugas, fungsi dan wewenang Ombudsman, Strategi ombudsman dalam mencega maladministrasi pada sector public maupun Swasta di Maluku Utara dan Proses tindak Lanjuti aduan hingga rekomendasi ombudsman yang bersifat Final.

Sukur berharap Kegiatan seperti ini tidak hanya sampai disini, tetapi Untuk kedepannya akan coba dibangun komunikasi dengan pihak Pemda untuk studi komparatif. Mahasiswa akan dibawa kesana untuk sering terkait dengan upaya-upaya pemda dalam menciptakan birokrasi yang bersih dan berwibawah.

“Harapan saya kedepan selaku dosen pengampuh, kegiatan seperti ini tetap dilakukan dan bisa didukung penuh oleh Program studi maupun Universitas, sehingga suasana akademik bukan hanya terbangun di kampus dan di kelas saja, akan tetapi nuansa ilmiah dan akademik itu kemudian terbangun pada institusi atau sektor publik yang ada di pemerintahan daerah.” tutup Sukur.

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Phone: 0921 - 3123979
Fax: 0921 - 3123979
Jln. K.H. Ahmad Dahlan No. 100, Kel. Sasa, Ternate, Maluku Utara
No. 100, Kel. Sasa
Style switcher RESET
Body styles
Color settings
Link color
Menu color
User color
Background pattern
Background image
Arabic AR Chinese (Simplified) ZH-CN English EN Indonesian ID Thai TH