LP3M UMMU Lakukan Monev KKS T.A.2018/2019

LP3M UMMU Lakukan Monev KKS T.A.2018/2019

MONEV UMMU-LP3M Universitas Muhammadiyah Maluku Utara melaksanakan Monitoring  dan Evaluasi (Monev) Kuliah Kerja Sosial Angkatan XIX Gelombang 1 TA.2018/2019 di Kecamatan Kayoa Kabupaten Halmahera Selatan. Monitoring dan Evaluasi yang dilaksanakan ini dengan mendatangai langsung Desa-desa yang menjadi lokasi Kuliah Kerja Sosial Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Maluku Utara.

Desa Pasir Putih menjadi Lokasi Pertama Tim Monev. Marno Wance, Dosen DPL Desa Pasir Putih menyambut Tim Monev Di Posko KKS. Di Desa ini Mahasiswa KKS melaksanakan beberapa kegiatan fisik dan Non Fisik. Salah Satu Program Fisik yang dilaksankan di Lokasi ini adalah Pembuatan Tempat Wudhu di Masjid Setempat.

“Kami Sangat Berterima kasih Kepada Mahasiswa KKS UMMU sebab dengan adanya kegiatan ini selain program fisik yang dilaksanakan, Mahasiswa KKS UMMU sangat membantu Pemerintah Desa dalam pembuatan Monografi desa dan Profil Desa” Demiakian disampaikan oleh Kepala Desa Pasir Putih yang turut hadir pada kegiatan Monev tersebut.

Selanjutnya Tim Monev berangkat menuju Desa Tawabi. Di Desa ini juga Tim monev mengevalasi kegiatan fisik dan non fisik dari Mahasiswa KKS. Selanjutnya Tim Monev meninggalkan Lokasi KKS yang didampingi oleh Sahnul Titahelluw sebagai Dosen DPL menuju Desa Karamat.

Dengan menggunakan Ojek dari Ibu Kota Kecamatan Gurapin, tim monev menuju Desa Karamat. Tim Monev yang terdiri dari Ibu Rahmatia Sadek sebagai panitia KKS, Wakil Rektor III, Wakil Rektor IV, Kepala LP3M, Kepala Bagian Pengabdian Masyarakat, Kepala Bagian Penelitian, Kepala Biro Administasi Keuangan dan Kepala Biro Administrasi Umum disambut dengan hangat oleh masyarakat desa Karamat.

Pembuatan pagar masjid dan perbaikan jalan desa menjadi program Fisik yang dilaksanakan oleh mahasiswa KKS UMMU di lokasi yang didampingi oleh Amrul Jana sebagai dosen DPL ini. Sekretaris Desa Pasir Putih menyampaikan Ucapan Terima Kasih Masyarakat Desa Karamat, karena dengan adanya kegiatan KKS ini beberpa program pemerintah Desa dapat diselesaikan oleh mashasiswa KKS UMMU diantaranya pembuatan Profi Desa, Struktur Pemerintah Desa, Dena Desa dan Pembuatan Nomor KK.

“KKS selama dua bulan ini terlalu singkat, kalau bisa torang pe ana-ana ini tinggal barang lima bulan di sini” kata Seketaris Desa.

Wakil rektor IV, Bakar Djibat dalam setiap kesempatan bertemu dengan Mahasiswa KKS UMMU menyampaikan pesan-pesan moral agar mahasiwa KKS menjaga akhlak selama berada di Lokasi KKS “Kalau Program Fisik akan rusak, tapi kalau kenangan yang baik yang ditinggalkan, itu akan abadi selama-selamanya” ungkap Pak Bakar dalam sambutannya. “Kita tahu bahwa sudah menjadi kebiasaan masyarakat kita, kalau ada kegaiatan seperti ini (KKS) akan diakhiri dengan pesta. Sebaiknya setelah kegiatan KKS ini jangan sampai diakhiri dengan pesta, sebab pesta itu akan diikuti dengan minum-minuman keras dan ujung-ujungnya berkelahi” kata beliau.

Dari Desa Keramat tim menuju desa Bajo. Pejabat Kepala Desa Mendampingi tim melakukan monev di Desa yang didamping oleh Mahmud Husen Sebagai Dosen DPL ini. “Kami sangat berterima kasih kepada mahasiswa KKS yang sudah melakukan kegiatan di desa kami, berupa pendataan KK, bakti sosial, perayaan Maulid Nabi” Kata Pj Kepala Desa. “Pembuatan Struktur Pemerintahan Desa belum bisa dilakukan, sebab baru saja Pemilihan Kepala Desa, dan kepala Desa terpilih belum memnyusun Struktur perangkat Desa yang baru” Kata Pejabat Kepala Desa dalam sambutannya.

Rahmat Abdul Fatah sebagai Kepala LP3M dalam setiap sambutannya kepada mahasiswa KKS UMMU, untuk serius dalam kegiatan KKS UMMU ini, “Kegiatan KKS ini menjadi ajang bagi mahasiswa untuk mengimplementasikan ilmunya di masyarakat. Mahasisiwa dapat belajar dan berinteraksi dengan masyarakat” Kata Pak Mat. “Peserta KKS harus manjaga akhalaknya selama berada di lokaksi KKS. Jika ada peserta yang ketahuan mabuk di lokasi KKS, maka LP3M akan mencabut statusnya sebagai peserta KKS dan sudah pasti Nilanya error dan harus mengulang KKSnya pada KKS angkatan berikutnya” pesan Kepala LP3M UMMU. “KKS ini merupakan Pengabdian Masyarakat, dan Pegalaman bersama masyaraat ini tidak akan terulang lagi, untuk itu peserta KKS harus meninggalkan kesan yang baik selama kegiatan KKS ini” lanjutnya.

Dari Desa Bajo Tim Monev melanjutkan monev di desa Gurapin yang didampingi oleh Susanti Rahman sebagai Dosen DPL. Di Desa gurapin ada dua kelompok KKS. Pembuatan Papan PKK, dan papan KK menjadi program fisik di desa ini. Kepala Desa Gurapin yang hadir saat monev tersebut menyampaikan ucapan terima kasih kepada Universitas Muhammadiyah Maluk Utara dan Kepada Peserta KKS yang sudah melaksanakan KKS di desa Gurapin dengan beberapa program kerjanya yang sudah dilaksanakan.

Monitoring dan Eavluasi ini juga memantau perkembangan penolahan data yang dilakukan oleh peserta KKS. Rosmila Tuharea, Kepala Bagian Pengabdian Masyarakat sangat konsen dengan kegiatan pengolahan data ini. Lembar kuesioner diteliti dengan seksama. Pengolahan data digital dengan laptop tak luput dari pantauannya. “nanti malam kalian datang ke penginapan, bawa data dan laptop kalian, saya akan koreksi dan memberi masukan di sana” katanya kepada peserta KKS.

Di penginapan setelah beristirahat sejenak, Ibu Mila melayani mahasiswa KKS melakukan konsultasi atas pengolahan data yang mereka lakukan. Setiap kelompok dibimbing dengan seksama cara mengolah data, baik itu pengisian kuesioner maupun cara mengimput data pada laporan di laptop. “kalian harus teliti dengan data, sebab data ini sangat vital” . hingga larut malam pendampingan ini dilakukan, sampai semua kelompok tuntas melakukan konsultasi.

Wakil Rektor III menaruh perhatian serius terhadap laporan KKS. “Dari Sekarang kalian sudah harus siap-siap untuk membuat laporan, supaya ketika kalian kembali ke kampus, laporan individu dan laporan kelompok sudah siap” . kata laki-laki yang akrab di panggail Pak Herry. “Dari sekarang pun kalian sudah harus ancang-ancang untuk melakukan penilitian tugas akhir, sudah harus ada gambaran judul apa nanti untuk skripisi, kalau laporan KKS sudah tuntas kalian bisa konsen untuk skripsi”. Lanjutnya.

Kegiatan monev ini bertujuan untuk melihat perkembangan pelaksanaan KKS, termasuk kendala dan hambatan yg dialami oleh mahasiswa peserta kks. dari hasil monev ini dapat diketahui bahwa pelaksnaan kks secara umum berjalan lancar. (AA).

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Phone: 0921 - 3123979
Fax: 0921 - 3123979
Jln. K.H. Ahmad Dahlan No. 100, Kel. Sasa, Ternate, Maluku Utara
No. 100, Kel. Sasa
Style switcher RESET
Body styles
Color settings
Link color
Menu color
User color
Background pattern
Background image
Arabic AR Chinese (Simplified) ZH-CN English EN Indonesian ID Thai TH