Muktamar PM Pusat Ke-XVII: Ketua Umum Baru Sudah Ditetapkan

Muktamar PM Pusat Ke-XVII: Ketua Umum Baru Sudah Ditetapkan

YOGYAKARTA-Panitia Pemilihan (PANLIH) Muktamar Pemuda Muhammadiyah ke-XVII di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta akhirnya menetapkan Ketua Umum terpilih menggantikan Dahnil Anzar Simanjuntak.

Sebelumnya telah ditetapkan sebanyak 6 kandidat yang berkesempatan menggantikan posisi Dahnil melalui Tanwir pra-Mukatamar yang disampaikan ketua Panlih, Irpan Nusirrasman, Ahad (25/11).

Ahmad Fanani, Ahmad Labib, Andi Fajar Asti, Faisal, Muhammad Sukron, Sunanto, menjadi enam kandidat yang bertarung merebut posisi Ketua Umum (KETUM). Dalam Tanwir tersebut juga ditetapkan sebanyak 42 calon formatur yang nantinya akan disahkan menjadi 12 formatur dan 1 ketua umum pada Muktamar tersebut.

Akhirnya, pada Rabu (28/11), Sunanto atau yang kerap disapa Cak Nanto ditetapkan sebagai Ketum baru dengan perolehan suara sebanyak 590 suara dari 1.196 pemilih. Cak Nanto yang akan menahkodai Pemuda Muhammadiyah

pada periode 2018 hingga 2022. Cak Nanto, pria kelahiran 24 September 1980 itu dalam pidato perdananya mengatakan, bahwa kemenangannya bukan merupakan kemenangan pribadi atau kelompok pendukung. Melainkan kemenangan bersama, “Kemenangan ini adalah kemenangan kita semua, kemenangan kebersamaan, kemenangan ukhuwah, kemenangan solidaritas dan kesetiakawanan.” tegasnya.

Menurut Cak Nanto, sebagaimana dilansir dari Suaramuhammadiyah.id, kali ini PP Pemuda Muhammadiyah memasuki babak baru yang mengedepankan kebersamaan dan soliditas. “Kita mulai ciptakan sebuah ruang bersama tempat tumbuh para kader, medium bersama kita menanam dan menyemai gagasan, rumah kita berkolaborasi dan mengimplementasikan visi dan misi bersama.” tuturnya.

Sementara itu, Ahmad Syafii Maarif, salah satu tokoh Muhammadiyah, mengalamatkan ucapan selamat kepada Cak Nanto selaku Ketua umum yang baru. “Selamat Bung Sunanto terpilih sebagai ketua PPPM yang baru, jaga amanah dan tingkatkan soliditas Pemuda Muhammadiyah. Usai muktamar, mereka yang semula sebagai saingan, demi soliditas organisasi rapatkan barisan kembali. Pemuda Muhammadiyah adalah satu.” Himbau Maarif.

Selain itu juga, Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mu’ti menyampaikan, “Terpilihnya Sunanto menjadi bukti kedewasaan dan multikulturalisme dalam tubuh Pemuda Muhammadiyah. Dua periode Pemuda Muhammadiyah dipimpin oleh putera Batak, sekarang dipimpimn putera Madura. Itu juga menjadi bukti sebaran Muhammadiyah sebagai gerakan integrasi nasional dan keindonesiaan yang sejati.” Pungkasnya.

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Phone: 0921 - 3123979
Fax: 0921 - 3123979
Jln. K.H. Ahmad Dahlan No. 100, Kel. Sasa, Ternate, Maluku Utara
No. 100, Kel. Sasa
Style switcher RESET
Body styles
Color settings
Link color
Menu color
User color
Background pattern
Background image
Arabic AR Chinese (Simplified) ZH-CN English EN Indonesian ID Thai TH